rasa sayange

lagu rasa sayange jadi jingle iklan pariwisata malaysia?!
beberapa hari lalu baru liat d anteve. aneh bin ajaib!
klo sekarang jadi heboh sebenarnya cuma masalah waktu aja.
gak tau harus bilang apa kecuali bahwa itu cuma semakin menunjukkan bahwa betapa kayanya indonesia, dan kadang saking kayanya, kita jadi kurang menghargai apa yang kita punya sampai kita kehilangan ato sampai orang lain mengaku-ngaku apa yang kita punya sehingga kepemilikan kita terancam. you never know what you got til it's gone.

selain itu, ini juga mengkonfirmasi apa yang epping pernah bilang, bahwa semakin miskin seseorang (ato suatu bangsa) maka mereka akan semakin kreatif untuk mencapai apa yang mereka cita-citakan, menurut saya, ya termasuk kasus ini. karena mereka (malaysia) kurang sumber daya lagu2 daerah yang lucu, up beat, sing-along dan mudah diingat, jadi mereka ambil lagu rasa sayange, yang jelas2 bukan lagu melayu (klo itu mereka jadikan alasan) tapi dari maluku yang jauuuhhhhh banget jaraknya dari malaysia. dan mereka bisa bilang klo rasa sayange itu lagu melayu ke sluruh penjuru dunia, tapi mereka gak mungkin bisa ngebohongin diri mereka sendiri klo lagu itu bukan lagu melayu dan gak pernah jadi lagunya orang melayu.

one thing though, i must admit klo lagu itu diolah jadi bagus, groovy dan keren banget dan menggambarkan seberapa besar usaha orang2 malaysia untuk maju, lebih baik dan lebih dikenal dari negara lain.

so what do we do now? apa kita bakal bilang ke orang malaysia (dan bangsa2 lain yang berbuat serupa),"ya gak apa2 pake aja, ambil aja. kami kan kaya!" ato kita mulai segera meng-inventarisir semua aset bangsa dan menjaganya biar gak diambil-pake sama bangsa lain dan pada akhirnya mereka bakal dapet kredit dari hal tersebut serta menghargai dan apa ya, melestarikan aset2 tersebut biar kita gak dikira menyia2kan budaya dan adat sendiri.

the way to love anything (and to appreciate everything) is to realize that it might be lost.

kalo mo liat iklan pariwisata itu ada di youtube, ada juga website-nya tapi gak hapal.

Comments

Popular Posts