muda lebih lama

saya baru sadar beberapa hari lalu. ternyata kuliah di kedokteran bikin kita muda lebih lama. bukan ge-er. tapi memang kenyataannya begitu. sementara sebagian besar orang cuma kuliah selama 4 tahun, kita kuliah minimal 6 tahun atau paling cepet 5 tahun 9 bulan lah. muda lebih lama karena kuliah lebih lama. kenapa bisa begitu. karena mahasiswa masih sering dianggap anak2 sama dosennya, dan karena waktu kita sebagai mahasiswa lebih lama, jadi kita lebih lama dianggap anak2. jangankan yang kuliah tepat waktu (6 tahun), yang kuliahnya terlambat aja kadang masih dianggap anak kecil sama sebagian residen dan supervisor. yang bikin sy berkesimpulan begitu karena kadang kita masih diperlakukan kayak anak kecil yang masih harus dituntun kalo nyebrang jalan, yang masih harus dibentak2 baru ngerti, yang masih harus dikasih reward kalo bisa ngelakuin sesuatu. dan kayaknya gak dikasi kesempatan jadi orang besar. walaupun memang ini tidak terjadi pada semua mahasiswa kedokteran dan koas, dan tidak semua dosen, residen dan supervisor melakukan hal ini.

contohnya waktu baca kemaren. gak tauk dosennya yang genit ato memang kita (terutama yang cewek2!) masih dianggap anak2 other than manusia dewasa. itu dosen enaknya colek2 temen sy yang lagi baca. gak tauk gemes ato dia anggap temen saya itu anaknya. kita sih positive thinking aja :D selain itu, ya kayak yang sy sebutkan di atas tadi, dibentak2, dikasi reward and so on.

satu hal lagi, kita muda lebih lama ato merasa muda lebih lama, karena pada saat kita koas sebagian besar teman2 kita yang kuliah di fakultas laen sudah selesai kuliah, wisuda dan kemudian bekerja. punya penghasilan sendiri dan gak minta2 lagi sama orang tua. sementara kita masih disokong jiwa dan raga oleh orang tua. secara tradisional orng yang sudah bekerja dan punya penghasilan sendiri dianggap sudah dewasa. mungkin karena dengan uang yang dimiliki dia punya kebebasan lebih besar dibandingkan mereka (kita!) yang masih dibiayai, diongkosi dan di-empani oleh orang tua kita.

di luar negeri (amrik maksudnya) adalah lumrah bagi anak yang sudah slesai sma untuk keluar dari rumah orang tuanya dan tinggal sendiri, meskipun masih kuliah dan masih tinggal di kota yang sama dengan orang tuanya. anaknya merasa dia sudah cukup dewas dan orang tuanya merasa bahwa sudah saatnya sang anak memiliki tanggung jawab atas sebagian besar dari hidupnya. di sini, biar udah kelar kuliah, sampe kawin dan punya anak kadang masih teteup betah tinggal sm orang tuanya.

aw well, life is short. mau muda lebih lama ato tua lebih cepat yang penting adalah bagemana kita mengisi hidup kita, ya nggak?! like chairil anwar once said,"hidup ini hanya sekali, hiduplah yang berarti."

Comments

  1. Makanya saya pilih kedokteran.
    Kalo saya kuliah di jurusan lain, pasti sudah dikira dosen.

    ReplyDelete

Post a Comment

komentar gak jelas

Popular Posts