rahasia

apa sih pentingnya menyembunyikan riwayat kesehatan atau riwayat pengobatan. terutama dari orang2 seperti dokter yg memang perlu dan harus tahu riwayat penyakit sebelumnya, riwayat pengobatan dan riwayat penyakit keluarga. what's the big deal?

memang ada penyakit yg bisa bikin aib dan bisa memalukan kalo diketahui khalayak ramai. bisa juga riwayat penggunaan obat di masa lalu yg bisa disalahgunakan jika diketahui oleh orang lain. tapi dokter?! dokter harus tahu segala apa yang terjadi di masa lalu (dan masa kini) dari riwayat kesehatan seseorang. apakah itu riwayat penyakit, riwayat penggunaan obat, riwayat pengobatan, riwayat penyakit dalam keluarga bahkan riwayat bepergian ke luar kota atau luar negeri. tujuannya ya apa lagi kalo bukan untuk membantu menegakkan diagnosis dan kemudian memberikan terapi yang tepat.

ini jadi terpikir saat nonton House, MD. first season. House, seorang diagnostician yang hebat yg percaya bahwa semua orang itu berbohong. dan yang dimaksud semua orang di sini adalah SEMUA PASIEN. yang dia percaya adalah tanda dan gejala penyakit serta hasil pemeriksaan lab, foto dan pemeriksaan penunjang lain. other than that it's a lie!

yang harus dibedakan di sini adalah rahasia dan privacy. rahasia merupakan sesuatu yang ditutup dan tidak boleh dibuka karena suatu sebab, sedangkan privacy lebih kepada hak pribadi. personal privilege. lebih kepada nilai-nilai yang dianut seseorang atau suatu masyarakat. or at least so i thought.

di indonesia (atau paling tidak di tempat dimana saya belajar) pasien atau keluarga pasien justru terbuka mengenai hal ini. mengenai gejala yang dialami, riwayat kesehatan, riwayat pengobatan dan malah kadang membanjiri kita (dokter!) dengan informasi-informasi yang tidak perlu dan tidak relevan sehingga kita perlu pintar memilah mana informasi yang berguna mana yg tidak berguna dan menggunakan informasi itu untuk membantu menegakkan diagnosis dan memberikan terapi.

jadi sebenarnya kembali lagi kepada bagaimana seseorang atau suatu komunitas memandang riwayat kesehatannya. apakah dia melihatnya sebagai rahasia yang menyebabkan tidak seorangpun boleh mengetahuinya tanpa alasan yang jelas. ataupun sebagai privacy. sebagai bagian dari dirinya yang harus ditutupi dan menjadi aib bila diketahui orang lain siapapun dia. atau memandangnya sebagai bagian dari dirinya yang bisa diketahui (dan diakses!) oleh dokter untuk membantu dokter tersebut mengobati apa yang salah pada dirinya.

either way, a medical doctor outranks both.

Comments

Popular Posts