improving-self thing

bagaimana caranya menjadi hebat dalam suatu bidang dimana kegagalan begitu gampang terjadi? bagaimana mencapai keberhasilan dalam suatu profesi yang rumit dan penuh resiko? bagaimana menjadi hebat dalam suatu bidang yang di dalamnya kesalahan kadang tak terhindarkan dan tak terduga? -better, atul gawande-


ada bbrp tulisan yg saya buat sbelum membaca better-nya atul gawande dan pada saat sy punya kesempatan untuk membacanya, i'm glad that, all this time, i have the thought and willingness to improve myself as a doctor.


Thank God, slama ini sy termasuk orang yg berpikir untuk memperbaiki diri. meningkatkan kemampuan, ketrampilan dan pengetahuan.

sebenrnya masalah 'improving ourselves-our skills-our knowledge' ad d semua bidang. bukan cm kedokteran aja. tapi kedokteran mnjadi penting krn berhubungan dgn hidup-matinya org. people's life and death. sehingga pada saat seseorang, dlm hal ini seorang dokter, mencoba meningkatkan kemampuannya, skill-nya, pengetahuannya untuk menjadi lebih baik, untuk bisa menangani pasien lebih baik, kadang dilihat sebagai sesuatu yg istimewa, padahal semestinya dilihat sebagai sesuatu yang seharusnya dilakukan dan bukan sesuatu yg perlu dibangga2kan.

untuk orang nomor satu di almamater sy saat ini: harapan terbaik untuk menyelamatkan kehidupan terletak pada peningkatan performa, bukan menggalakkan riset genetika.

kalimat di atas datang dari Atul Gawande. and i believe him!

Comments

Popular Posts