low-budgeted-limited-facilites clinics

for the sake of a certain amount of money plus so-called experiences, some doctors would low themselves by workingat clinics with low-budget-limited facilities. this may endanger the profession, the doctor and of course the patient. it can and will prevent the doctor from giving the adequate and appropriate medication to the patient.

sy tahu bahwa ada bbrp (malahan banyak!) dokter yang bekerja di pelosok2 tanah air. remote places across the country. dgn fasilitas seadanya, tapi itu bukan merupakan pembenaran bahwa seseorang dapat mendirikan dan membuka sebuah klinik dgn alat dan fasilitas minim dan kemudian berkoar2 ingin ikut membantu mewujudkan visi indonesia sehat2010. i'd say that's a total crap!

bgmn caranya membantu mewujudkan indonesia sehat 2010 kalo kliniknya sendiri masih kesulitan mempertahankan dirinyasupaya bisa tetap beroperasi. nah klo buat operasional aja susah, gmn buat beli alat2 dan fasilitas yg memadai yg harusnya ada pada suatu klinik?!

skrg kesehatan sudah menjadi suatu komoditas industri. bahkan skrg udah menjadi suatu industri tersendiri. dagangan. dan banyak org yg berkecimpung di bidang ini yang hanya melihat sisi komersialnya sj, dan lupa bahwa kesehatan itu merupakan hak setiap orang dan sebaliknya menurut sy semua care giver wajib membantu menjaga kesehatan semua org akibatnya: byk masy. yg tidak bisa mengakses pelayanan kesehatan.

krn merupakan industri maka yg pelayanan paling baik, paling cepat, dan tepat lah (serta terjangkau!) yg akan memenangkan pasar. this in turn will raise health cost sehingga byk anggota masyarakat yg tdk bisa mengakses pelayanan kesehatan meskipun mereka berada di tempat yang dekat dengan fasilitas kesehatan. nah, org2 yang tidak bs mengakses pelayanan kesehatan yang paling baik merupakan pasar bagi pengusaha dengan sedikit modal. pengusaha2 ini membuka klinik2 kesehatan dengan fasilitas terbatas, namun lebih terjangkau bagi kalangan masy. bawah. oke lah, bhw akhirnya masy. miskin bisa tertolong. tapi apa pengobatan yg diberikan akan adekuat dan sesuai bila dibandingkan pengobatan pada tempat lain (mis. rumah sakit tipe C ato klinik dgn budget lebih besar)?

jawabannya ya dan tidak. ya. karena klinik2 kecil dgn fasilitas terbatas dan pas2an ini berfungsi sebagai pemberi pelayanan kesehatan primer sehingga mereka dapat (dan seharusnya bisa!) menangani kasus2 ato penyakit2 ringan yg diagnosisnya tidak membutuhkan pemeriksaan penunjang maupun peralatan canggih. tidak. karena kadang ada klinik2 kecil yg tidak memiliki peralatan diagnostik dasar! sehingga penegakan diagnosis hanya mengandalkan kemampuan analisis dokter yg memeriksa.

trus peran pemerintah dmn? correct me if i'm wrong, kyknya pemerintah lebih berperan d masalah regulasi dan sistem aj. tp ap regulasi dan sistem ini sudah berjalan spt seharusnya? i don't think so.

sistemnya sudah cukup baik walopun belum sempurna. yg jadi masalah utama adalah org2 yg menjalankan sistem tersebut.

Comments

Popular Posts