trust

salah satu hal yang bikin stress kalo jaga selain kasus yg rumit, yg sulit, yg aneh, yg gak pernah kita liat dan bayangkan sebelumnya adalah waktu seorang pasien datang kembali dengan mengeluh bahwa penyakit yang dideritanya tidak ada perbaikan despite pengobatan yang telah kita berikan sebelumnya.

klo udah bingung kita bakal deg2an. keluar keringat dingin. dan gak tahu mau ngapain lagi. dan pada akhirnya kepercayaan pasien bakal berkurang. dia gak percaya klo kita bisa mengobati dia. menyembuhkan dia. klo kita punya kemampuan dan keahlian.
jadi mau diapain lagi coba?! ganti antibiotik?! tambah dosis analgetik?! well, it's not that simple!

bukan berarti kita salah, tapi bukan berarti juga kita benar. maksudnya karena proses pengobatan-penyembuhan butuh proses dan proses butuh waktu. dokter bukan tukang sulap yg sekali kasih obat langsung sembuh. ini harus dipahami pasien. biar pasien gak merasa klo dokter gagal mengobati dia. tapi bukan berarti dokter gak punya salah. klo proses penyembuhan terlalu lama, maka ada kemungkinan obat yg diberikan tidak tepat dalam hal: jenis, dosis ataupun cara pemberian.
then again, trust is something you gain not something given.

*kyknya agak gak nyambung deh judul sama isinya......

Comments

Popular Posts