indonesia komunal

org indonesia adalah org2 yg komunal. bgitu yg saya dengar dan begitu juga yg saya lihat dan rasakan. paling tidak d rumah sakit dimana sy pernah bertugas.

komunal kurang lebih berarti bertautan atau berhubungan dengan umum, komunalisme kurang lebih berarti cara hidup bersama, perkauman atau paguyuban.

yg saya lihat adalah betapa ramainya rumah sakit oleh penjaga pasien. kami menyebutnya kelupas (keluarga pasien also stands for keluhan pasien). mereka adalah keluarga dekat pasien yg menjaga pasien yg sedang dalam perawatan. jumlahnya bervariasi, mulai dari 2 org hingga bbrp mobil kijang. bayangkan betapa ramai dan sumpeknya bangsal d rumah sakit. satpam (dan juga perawat!) kadang kewalahan dlm menertibkan para penjaga ini. mereka tidur d samping tempat tidur pasien, kadang hingga ke lorong dan teras bangsal. they literally live at the hospital. ketika dokter datang untuk visite, mereka menyingkir...sedikit. kadang mereka menggelar tikar d tengah2 kamar bangsal ketika makan dan menghalangi org yg lalu-lalang.
beda bangsal beda pula ugd. dsini penjaga pasien teteup byk cuma karena ruangan yg ada terbatas dan satpamnya lebih sangar maka lebih sedikit penjaga-penunggu pasien d ugd. mereka akhirnya tumpah ruah d lorong belakang, depan dan samping ugd. ada lagi penjaga pasien ICU. mereka mendapatkan satu ruangan yg cukup luas d belakang ICU. sbenarnya sih lebih mirip teras yg luas. d tempat itu, pada penjaga ini membatasi space mereka dgn dus2 air mineral, tas2 baju, dan barang2 lain.

lain penjaga lain pula pengunjung atau pembesuk. eh salah, tidak ada bedanya. biasanya mereka datang dlm rombongan yg cukup besar, walaupun kdg juga dalam jumlah kecil. para pengunjung ini segera memenuhi bangsal yg tidak begitu besar dan mengeluarkan suara yg cukup riuh dan mengganggu.

baik para penjaga maupun para pembesuk tahu bhw meskipun tidak byk yg dapat mereka lakukan, namun keberadaan mereka bisa membantu mengurangi derita yg dirasakan para pasien. mereka bisa membantu pasien untuk sejenak melupakan kesakitannya. membantu membuat suasana se-homy mungkin. inilah yg sy sebut komunal tadi. seberapa sering sih kita melihat (paling tidak lewat film2 hollywood) d amerika sana ada keluarga pasien yg sampe gelar tikar d samping ranjang pasien, bawa rantang dan bantal dan baju seabrek2 as if they've moved in. org indonesia merasa meskipun tidak byk yg bisa mereka berikan yg penting mereka tetap bersama.

hidup orang indonesia.

Comments

  1. hwa...hwa...hwa...hwaaaa

    aku ngakak baca posting lucu ini.

    Lucu! tapi tetap smart dan tajam. Good one!

    ReplyDelete
  2. i wish i had my family near here.so they could accompany me :(

    now im alone in hospital, try to entertain myself by blogging and watching tv.

    it's so annoying being sick and alone

    ReplyDelete

Post a Comment

komentar gak jelas

Popular Posts