our airport?!

my bright sunny morning was ruined by calo dengan badge airport official. badge-nya asli lho! begitu sampe dekat check-in counter sy disambut oleh seorang mas2 who i thought was the airline's airport attendant. dgn ramah meminta tiket beserta tiket saya, menanyakan apakah ada bagasi ato tidak lalu men-checking-in-kan saya. at first, hmm...pelayanan yg bagus, i was thinking about using the airline in the future. tapi kok, dia tetep di depan counter-nya dan gak melayani penumpang lain. sementara itu mbak2 d belakang counter senyum2, gak jelas ke siapa. dia meminta uang untuk airport tax dan saya kasih 50ribu. begitu selesai check in, dia agak2 menggiring sy k ruang tunggu. saya bilang sy belum mau masuk dan meminta uang kembali. dia berikan uang kembali dan meminta 10ribu buat 'jasanya'. i said,"what??!! bukannya elu airport official?! kenapa sy harus kasi tip?!" but then i quickly realized that i was in a buzzling busy crowded airport, so with red-faced i gave the calo 10ribu.

ada lagi penjual asuransi tambahan tepat, setelah kita melewati (dan membayar!) airport pass, yang kadang maksa. klo d soekarno-hatta maksa banget! karena mereka langsung minta tiket (and i dumbly handed them my ticket!), menempel potongan kertas tanda kita membayar premi lalu menagih uang kepada kita.

belum lagi supir2 taksi 'tembak' yang tarifnya bisa dinego dan supir2 taksi 'tembak' yang ternyata bukan taksi!

so, is this the picture of our airports?
airport, katanya, adalah pintu gerbang masuk ke suatu kota (ato negara in case of soekarno-hatta), jadi gambaran suatu kota, daerah atau negara sedikit banyak tercermin dari keadaan airportnya. jadi, klo di check-in counter yang masuknya saja orang harus memperlihatkan tiket atau badge khusus, bayangkan aj apa yg bisa ditemukan seseorang di terminal bis di tengah kota: lots and lots of calo! (and preman of course!)

i think it's high time for the airport officials untuk menertibkan calo2 dgn badge resmi airport (among other things) biar bisa memberikan good and long last first impression bagi pendatang dan pada akhirnya memberikan kenyamanan bagi pendatang ini sehingga mereka bakal betah dan datang lagi. and thus, money will come!

Comments

Popular Posts