filariasis dan Indonesia Sehat 2010


heboh kematian akibat minum obat filariasis di jabar dan a rather sudden epidemic?! filariasis di ambon, maluku kayaknya gak bakal merembet ke dorehkar, raja ampat. gmn mo merembet klo yang punya tv plus parabola (dan otomatis genset!) cuma segelintir dari 1000an KK di kampung itu. seorang PNS di raja ampat pernah bilang gmn mo maju lo di tempat lain org udah membangun sementara kita (orang2 raja ampat) di sini masih rebutan uang PNPM. ibaratnya org sdh jalan di bulan, kita (orang raja ampat) masih merangkak!

kembali ke masalah kaki gajah, di dorehkar (dan sekitarnya) sendiri ada 1 penderita kaki gajah tapi menurut sy daerah ini bukan daerah endemik filariasis krn penderita ini bukan berasal dari dorehkar. dia sdh menderita penyakit ini waktu masih bersekolah di pulau lain lebih dari 15 tahun yg lalu.

tapi bukan itu juga masalahnya!
masalahnya adalah walaupun sdh diketahui keberadaannya oleh pihak dinas kesehatan kabupaten (dinkeskab) dan propinsi tp sampe skrg blum bisa ditangani krn tidak tersedia obat filariasis di gudang farmasi kabupaten (GFK).
selain itu walaupun sdh diketahui keberadaannya dinkeskab sepertinya kurang berusaha untuk menyediakan obat tsb apakah dgn jalan minta ke propinsi atau pusat sehingga para penderita ini bisa terbebas dari penderitaan.

bayangkan dgn kampung lain dgn jumlah penderita lebih banyak yang berarti angka kesakitan lebih tinggi berarti lebih byk anggota masyarakat yg kurang produktif. artinya lagi pendapatan menurun yang pada akhirnya mengakibatkan rendahnya tingkat kesejahteraan. singkatnya mereka kemungkinan besar miskin! dgn jumlah penderita yang lebih byk mengakibatkan kampung lain itu lebih tertinggal krn lebih byk penduduknya yg miskin. penjelasannya mungkin kurang tepat tapi logikanya gak salah.

pardon me tp menurut sy masalahnya adalah birokrasi!
kenapa sulit dan lama sekali buat dinkeskab menyediakan the so much needed drugs?! sy pernah baca di suatu buku (lupa judulnya apa) tapi di situ mengatakan bahwa filariasis bersama dengan frambusia adalah neglected tropical infections. contoh alasannya ya seperti kasus di atas. selain itu yg sy pernah dengar cuma Global Fund to Fight AIDS, Tuberculosis and Malaria. gak pernah ada lembaga yang mengkhususkan diri untuk memberantas filariasis dan frambusia (correct me if i'm wrong!).

klo mau sy bisa aja cari obat itu di pasar pramuka trus langsung berikan obatnya ke penderita filariasis di dorehkar. tapi apa itu bakal 'mendidik' dinkeskab?

enggak kan!

walaupun pada akhirnya mungkin sy bakal cari itu obat di pramuka dan langsung berikan ke si penderita krn merasa kasihan sekali

jadi pada akhirnya filariasis cuma jd perhatian jika di blow up di media, apalagi jika ada penderita yg mati karena minum obat filariasis.

seems like 'Indonesia Sehat 2010' is a loong way to go.

gorontalo, 211109

Comments

  1. itu udah sistemik dok. di daerah miskin, orang biasanya udah kehilangan harapan, dan mereka berhenti berusaha. orang orang dinkes adalah bagian dari masyarakat di daerah itu, mentalitas mereka sama dengan mentalitas masyarakat. karena mereka hopeless, mereka ga mau berusaha, akibatnya makin miskin, makin hopeless. harus ada yg memutus vicious cycle ini, dan dokter bisa mengambil peran itu. you can do something about it!

    ReplyDelete
  2. wah...... mang kalo pake surat GAKIN kagak bisa dipermudah ya.....

    ReplyDelete
  3. @arema: makasih buat uplifting comment-nya. mudah2an sy (dan teman2 lain) gak kelihangan idealisme kami buat bisa ngebantu org2 di sini
    @movaz: hm....gmn ngejelasinnya ya?! gak perlu surat gakin kecuali klo mau rawat inap ato operasi. ini masalah stok obat aj (yg kyknya masalah biasa di sini)

    ReplyDelete
  4. bntar lg 2010 ya? mash ingat wktu KKN thn 2005 dlu, pendataan dalam rangka indikator "INDONESIA SEHAT 2010". qta2 bilang "2010 kan masih lama......, Indonesia bisa kokkkk..."

    Nah kenyataan Sekarang????

    ReplyDelete
  5. @arya: makanya itu terakhir saya tulis 'seems like 'Indonesia Sehat 2010' is a loong way to go.' di akhir postingan

    ReplyDelete

Post a Comment

komentar gak jelas

Popular Posts