postingan yang tertunda: the sea is a big dumpster

on the ship heading sorong from waisai, saya melihat banyak orang dengan sadar buang sampah ke laut walaupun sudah disediakan tempat sampah di beberapa tempat. that is too bad, right!

saya rasa masalahnya bukan hanya kurangnya tempat sampah tapi kesadaran masyarakat untuk buang sampah di tempat yang seharusnya yang kurang.

seeing these little kids running around on the ship saya jadi berpikir bahwa kesadaran buang sampah dan menjaga kebersihan harus diajarkan sejak kecil. sejak anak2 ini masih polos, lugu dan masih mudah menerima ajaran dan didikan. apalagi jika mereka juga diajarkan pentingnya hal ini, lama-kelamaan akan tertanam dalam kepala2 kecil mereka dan kemudian tumbuh kesadaran dalam diri mereka untuk melakukan hal baik ini. tentu saja hal ini harus diikuti dengan contoh yang benar. i mean, jika kita cuma mengajarkan tanpa memberikan contoh maka bisa saja apa yang kita ajarkan kembali mentah.

doing things like this, harus dimulai dari lingkungan kita sendiri. anak2 kita sendiri. baru kemudian meluas. that's why saya bertekad untuk mengajarkan hal ini (dan hal2 penting dan baik lainnya) kepada anak saya nantinya dan berharap suatu hari nanti dia akan bertindak bijak untuk dirinya dan lingkungannya. in the mean time, karena belum punya anak, saya bertekad untuk tidak buang sampah sembarangan. demi diri saya, anak2 saya nantinya dan demi lingkungan yang lebih baik untuk kita semua.

on the ship of getsemani on route waisai-sorong, 050110

Comments

Post a Comment

komentar gak jelas

Popular Posts