postingan yang tertunda: so what sick are you?

seorang ibu, 65 tahun, datang ke rumah sakit dengan keluhan nyeri punggung yang dialami sejak tiga bulan yang lalu. tidak ada riwayat trauma sebelumnya. selain itu ibu tersebut juga mengeluh nyeri ulu hati yang disertai nyeri perut dan mual-muntah. teman sejawat saya menduga bahwa dia menderita kolelitiasis. saya sendiri menduga dia menderita 'the usual' low back pain dan dispepsia.

beberapa jam kemudian dia tetap mual dan muntah meskipun telah mendapatkan obat anti muntah. saya menyuruh perawat memberikan kembali obat anti muntah setengah dari dosis sebelumnya. muntah belum berhenti. saya menyuruh perawat memberikan obat maag dan obat penenang. dia tertidur.

tapi saya ragu. kami berdua ragu akan diagnosis kami. mual2nya terlalu hebat untuk sekedar dispepsia biasa. nyeri punggung dan perut terlalu ke bawah letaknya. dan nyeri punggung dan gejala lainnya tidak sesuai dengan nyeri hnp.

jadi kami bingung.

so what sick are you?

okeh. pertama2 untuk membantu menegakkan diagnosis kami akan melakukan anamnesis ulang besok. thoroughly. karena waktu datang si ibu was in a lot of pain jadi anamnesis yang kami dapatkan banyak berasal dari keluarganya yang (seperti biasa) merasa paling tahu apa yang dirasakan sang pasien. kedua untuk membantu menegakkan diagnosis kami akan melakukan pemeriksaan darah lengkap dan kimia darah (if possible). ketiga kami akan mengevaluasi obat yang telah kami berikan, mana yang benar2 meredakan gejala dan mana yang tidak meredakan gejala.

tiga hari kemudian nyeri punggung yang diderita sudah jauh berkurang, si ibu sudah bisa duduk dan berjalan tanpa dipapah, namun mualnya masih ada sehingga si ibu cuma bisa makan 2-3 sendok nasi sebelum rasa mual muncul lagi. pada akhir hari ketiga keluarga minta agar si ibu dipulangkan saja.

-===-

pagi hari 30 desember 2009 saat si ibu dan keluarganya keluar dari rumah sakit, still no clue of what she suffers from.

so what sick are you?

waisai, 27-301209








Comments

  1. i don't have any idea....
    hehehe...

    ReplyDelete
  2. saya dulu pernah tuh sakit yg serupa itu, waktu itu pernah diassign tugas ke daerah endemik malaria (papua), dan dokter perusahaan (orang US) ngasi kita antibiotik (doxy) sehari minum 100g untuk pencegahan malaria. selama di papua must minum itu, and satu hari saya lupa kalo must makan dulu sebelum minum itu obat, dan saya minum sebelum makan dan rasa tenggorokan terbakar sakit pedih sekali, untuk makan pun sakit luar biasa saat menelan... akhirnya balik ke jawa hohoho
    kata dokternya esophagitis

    hehehe tapi no back pain cuma sakit saat menelan saja!

    ReplyDelete
  3. @lina: ha3....tapi paling tidak si ibu pulang dgn keadaan jauh lebih baik dari ketika masuk RS. klo gak salah dia ke manado untuk perawatan lebih lanjut.

    @arema: syukur deh klo 'cuma' esophagitis aja dan gak sampe kena malaria. tmn saya dlm waktu 6 bulan kena malaria 3 kali...anyway, esophagitis? kebiasaan meminum 'cairan' panas atau mengandung asam tinggi? he3...

    ReplyDelete
  4. @lina: ha3....tapi paling tidak si ibu pulang dgn keadaan jauh lebih baik dari ketika masuk RS. klo gak salah dia ke manado untuk perawatan lebih lanjut.

    @arema: syukur deh klo 'cuma' esophagitis aja dan gak sampe kena malaria. tmn saya dlm waktu 6 bulan kena malaria 3 kali...anyway, esophagitis? kebiasaan meminum 'cairan' panas atau mengandung asam tinggi? he3...

    ReplyDelete

Post a Comment

komentar gak jelas

Popular Posts