6 minggu 5 hari di dorehkar: ditinggal pergi

senin kemarin dua perawat gizi yang sm2 naik ke dorehkar tgl 20 jan kemaren minta izin turun ke sorong karena kebetulan ada speed yang mau ke sana. dalam hati sih teriak,"what?! pegawai macam apa kalian?! belum 1 minggu di kampung udah mo balik lagi ke kota. the worst thing is: kalian orang papua! semestinya kalian lebih betah tinggal dibandingkan sy yang orang luar!" tapi yg keluar cuma,"oh. ya udah."

lagipula sy gak punya hak buat ngelarang mereka. sy bukan atasan mereka.

jadilah selama 3 hari ini sy menjalankan pelayanan sendiri walopun sebenernya sy berdua sm pegawai TU yg lulusan SMK, tp karena much of the work i did all by myself, so i practically run the whole goddamn puskesmas alone.

and what a busy day for me for the last three days. gmn enggak. abis periksa pasien, tulis status, langsung ke apotek buat nyiapin obatnya. si pegawai TU biasanya bantu bungkus puyer dan menjelaskan cara pakai obat ke pasien. 2 hal yang kadang gue lakuin sendiri. si pegawai TU ini cuma urus registrasi, begitu pasien udah pegang statusnya tinggal gue tunggu panggil aja. jadi melayani 1 pasien bisa sampe 15 menit, apalagi klo bikin puyer bisa smpe 20 menit.

dan meskipun gue tau ngeresepin puyer nyusahin diri sendiri, gue tetep aja bikin puyer karena gue rasa lebih baik ngasih puyer drpd ngasih tablet tapi dosisnya gak pas. selain itu jgua lebih nyaman buat anak2nya. dan gue gak mau beralasan karena gue kelabakan jadi gue bakan 'menurunkan' kualitas pelayanan gue. no way! gue berusaha agar pelayanan yang gue berikan ke pasien pertama sama dengan pasien ke-50, misalnya.

back to the topic: ya, ini salah satu tantangannya. beginilah kenyataan pelayanan kesehatan di banyak tempat di pedalaman papua. petugas kesehatan sering tidak berada di tempat tugas. malah menurut seseorang justru petugas2 berambut 'lurus' alias petugas non-papua yang lebih rajin berada di tempat tugas. petugas2 yang asli papua justru lebih sering tidak berada di tempat tugasnya. how ironic.

so my biggest concern is if you can't stand to be with your own people, who can?! who will?

dorehkar 280110

Comments

Popular Posts