being the next millionaire

last week i was helping out my sister establishing her newest enterprise. a VCD/DVD rental store. i'm helping out by buying about two dozens VCDs-some of them pirated CDs. sebelumnya dia sudah membeli sekitar 200an judul-most of them pirated-di surabaya dan dia perlu tambahan 2-3 lusin VCD original. gak jelas kenapa dia lebih memilih untuk menyewakan lebih banyak VCD dibandingkan DVD.

adik saya ini, dibandingkan saya, lebih mempunyai insting dagang. saya sendiri kesulitan untuk bisa menawarkan suatu barang kepada orang lain. tapi bukan berarti saya tidak tahu mana yang layak jual mana yang tidak. mana yang visible mana yang tidak. mana yang komersil mana yang tidak. saya cukup kreatif untuk membuat sesuatu bisa lebih menarik dan lebih laku untuk dijual tapi saya tidak berbakat menjual.

menurut saya sendiri insting saja tidak cukup. harus disertai ilmu yang memadai. karena membuka suatu usaha bukan berarti cuma menampilkan dagangan di display kemudian berharap orang2 akan datang untuk membeli tapi juga berpikir bagaimana agar barang yang dijual tersebut bisa laku terjual dan usaha yang dijalankan terus berkembang. ada strategi2 dan trik2 yang harus diketahui (dan kemudian dijalankan) agar usaha tersebut bisa terus berjalan dan berkembang. ilmu2 ini bisa didapat baik secara otodidak maupun secara formal. yang jelas insting dagang tidak cukup. ilmu saja juga tidak cukup. yang cukup adalah gabungan dari keduanya (atau ketiganya jika ditambah dengan pengalaman).

we all know that the first few steps are usually the hardest ones and so, semoga saja usaha yang satu ini bisa berjalan lama dan bahkan berkembang lebih besar lagi, tidak seperti beberapa usaha sebelumnya yang kandas setelah beberapa bulan berjalan.

Comments

Popular Posts