dwilogi padang bulan


setelah menuntaskan rasa penasaran saya terhadap kisah cinta ikal dan a ling, dwilogi padang bulan juga mengangkat kisah beberapa orang yang hadir di kehidupan ikal dengan fokus pada enong alias maryamah karpov dan sedikit tentang beberapa orang lain.

dwilogi ini juga menjawab pertanyaan2 saya mengenai apakah tetralogi laskar pelangi merupakan keseluruhan perjalanan hidup ikal--all there is about ikal's life.


apparently it's not.


ada banyak hal yang belum dikisahkan andrea hirata mengenai ikal (yang berarti pula mengenai hidupnya sendiri) dan hal ini tertuang dalam dwilogi padang bulan.


seperti biasa andrea hirata mengemas dua buku ini dengan sangat indah: penuh metafora dan permainan kata serta mendayu-dayu. andrea pandai memainkan perasaan pembacanya. dalam sebuah catatan pembuka novel padang bulan dikatakan bahwa andrea hirata is a great storyteller. dan seperti penulis hebat lainnya dia merupakan pemerhati tingkah laku, kebiasaan, kebudayaan dan perilaku manusia (dan alam!) yang sangat baik. itulah sebabnya buku besar peminum kopi akan diterbitkan walaupun belum jelas kapan.


dan setelah selesai membaca dwilogi ini saya berpendapat bahwa kisah hidup ikal masih akan berlanjut.


so let's wait and see.

Comments

Popular Posts