marhaban yaa ramadhan


sebagai negara dengan populasi muslim terbanyak di dunia, penentuan awal ramadhan di indonesia cukup rumit dan menarik untuk diikuti, paling tidak bagi saya. dengan jumlah muslim lebih dari 100 juta maka perbedaan dalam menjalankan ibadah tentu muncul dan mewarnai islam indonesia.

dalam hal penentuan awal ramadhan hampir setiap aliran, organisasi masyarakat dan para ulama memiliki cara dan metode sendiri. metode2 ini merupakan metode yang telah digunakan sejak jaman rasulullah dan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. akibatnya hampir tiap tahun terdapat perbedaan dalam menjalankan ibadah puasa dan idul fitri. memang hal ini menimbulkan sedikit--sedikit saja--kekurangenakan. namun perbedaan ini merupakan tanda bahwa kita, manusia, menggunakan pikiran kita untuk menentukan apa yang harus kita lakukan, apa yang terbaik untuk kita. we're just being human. aku berpikir karena itu aku ada.

tapi katanya perbedaan itu rahmat. so we should see it as something that enriches our diversity. like a mozaic glass. bukan sebagai sesuatu yang memecah belah dan memisahkan kita.

last, as a friend wrote on his facebook status.....ramadhan as a gift to mankind.

selamat menunaikan ibadah puasa.

Comments

Popular Posts