not yet excited

akhir agustus. berarti udah 3 bulan di sini. tapi belom juga ngerasa excited dan thrilled seperti yang dibayangkan sebelumnya. back then, saya ngebayangin kerja di RSUD itu bakal seru, menarik, menantang dan mencengangkan (halah!). bakal lebih banyak pengalaman profesional dan personal yang bisa saya peroleh. tapi sampe sekarang belom juga tuh.

so, it's lame huh?!

gak juga. i've had several good-interesting moments. tapi kebanyakan biasa2 aja. cenderung datar. jadi saya ngerasa gak seseru yang dibayangkan sebelumnya.

so what's the problem then?

pertama, saya rasa karena jaga yang cuma 3-5 kali seminggu. kayaknya banyak ya? tapi terasa sedikit. soalnya jaganya cuma shift2an. jadi sehari cuma jaga pagi, siang ato malem aja. libur 2 hari untuk kemudian masuk lagi dengan pola serupa. jadi banyak banget waktu kosongnya. apalagi gue juga gak buka praktek. jadinya kalo gak jaga ya di rumah, marisa ato paguat. doing almost nothing selain nonton ato nge-warnet. let me remind you, that i'm in a small town here. so entertainment is definitely limited here. and then, belum lagi karena jumlah pasien yang gak terlalu banyak, beberapa dokter partner jaga saya memilih untuk jaga bergantian. jadi kalo dia jaga minggu ini saya libur dan begitu sebaliknya sehingga saya punya more and more spare time.

kedua, mengenai jumlah pasien yang gak terlalu banyak tadi, tidak berarti jenis penyakitnya kurang beragam. menurut saya cukup bervariasi dengan beberapa kasus yang menonjol. tapi gak tau deh, masih aja terasa kurang.

apa ekspektasi saya terlalu tinggi?

barangkali.

ketiga, mungkin karena ilmu saya yang masih cetek sehingga gak bisa mendiagnosis pasien lebih akurat untuk kemudian bisa memberikan terapi lebih baik lagi.

keempat, seperti banyak RSUD lainnya, RSUD ini punya keterbatasan dari segi fasilitas maupun SDM. selain itu cukup banyak obat standar yang sulit diperoleh di kabupaten ini sehingga cukup mengganggu pelayanan.

ronald plasterk said that we are judged by the contribution we make. so instead of whining and complaining, i should do something, anything, to make good use of my time and help improve the condition around here.

other than that, i really need to catch up with my readings so i can be a better doctor.



gtlo, 270810

Comments

  1. Allow yourself to open up and more exciting and challenging things are there to grab your attention..

    Surely you are going to be a better doctor.. just allow yourself to mature with time and exposure :D

    Kind regards from Kuwait City and latest updates are here ---> http://pralangga.org/articles/pelatihan-wajib-masuk-iraq-sait-training

    ReplyDelete

Post a Comment

komentar gak jelas

Popular Posts