bapak ingin naik haji


lagi nonton emak ingin naik haji beberapa malam lalu dan terlintas bayangan di kepala bahwa sang bapak--the one and only--juga ingin naik haji. hal ini merupakan satu dari beberapa keinginan beliau yang belum bisa saya penuhi.

ini jadi semakin penting karena sang bapak, pada usianya yang semakin uzur, semakin memfokuskan hidupnya untuk beribadah. dan sepertinya satu-satunya ibadah yang belum dijalankan adalah ibadah haji. sehingga, sekali lagi, hal ini terbayang-bayang di mata.

usaha ke sana bukannya gak ada. sang bapak udah buka tabungan haji sejak setahun lalu dan sudah mendapatkan satu jatah/porsi ibadah haji. tapi bukan tahun ini. atau tahun depan. tapi tahun depannya lagi. 2012 bung! dan semakin bertambahnya usia bertambah berat pula baginya untuk berangkat karena fisiknya yang sedikit demi sedikit melemah dimakan usia.

no. i don't want to use the word 'melemah' atau 'getting weaker'. saya ingin bilang bahwa di usianya yang menjelang 71 tahun ini, fisiknya tidak lagi se-prima 15-10 tahun yang lalu. sehingga semakin berat buat saya untuk melepas beliau seorang diri. sementara untuk mendampingi beliau saya merasa belum mampu baik secara mental maupun finansial. neither can my sister.

i know how bad he wants to go. i also know how hard it would be for him to go there alone. that's why it breaks my heart knowing he'll go there all alone without his children accompanying, helping him.

si emak dalam film itu bilang,"walapun raga emak gak mampu pergi ke mekah tapi ALLAH pasti tau hati emak udah lama ada di situ."

i know that's what my father feels deep inside him. i just hope G.O.D. knows that.

Comments

  1. Tapi emak pergi sama bapak kan??

    ReplyDelete
  2. hahhahah... kang Arema bagus banget tanggapannya, film jaman kemarin yang kemunculan bioskopnya bersaing dengan 2011, saya sempet liat (awalnya karena kepaksa gara2 tiket 2012 abiss) dan sebenarnya bagus kalau jadi film pendek, tapi kalo puaanjang.... rasanya maksain... pesan moralnya lumayan...... tapi untuk waktu itu saya lebih happy liat 2012.... dah liat 2012??

    ReplyDelete
  3. @arema: emak-nya udah 'dipanggil' duluan tahun '97 dulu. jadi si bapak pergi sendiri deh. sebenernya sih ada emak tiri, but she, somehow, is out the 'picture'. agak rumit lah.

    @movaz: udah nonton 2012. waktu film ini keluar emang pengen nonton. tapi kayaknya temen2 gak doyan nonton film beginian. dan saya males nonton sendiri.

    ReplyDelete

Post a Comment

komentar gak jelas

Popular Posts