one week getaway

the departure
11 mei 2011. jadwal yang tertera di tiket adalah 21.30 tapi ternyata keberangkatan ditunda hingga jam 12 malam. kami akhirnya tiba di mks jam 1/2 4 dalam kelelahan dan kemengantukan. in a way, we were lucky, karena kami agak terlambat sampe di bandara. kebetulan maskapai yang kami tumpangi adalah maskapai pelat merah yang belum lama jatuh di kaimana, papua barat. waktu ditanya kenapa memilih maskapai tersebut, saya jawab: karena kami suka tantangan! hahaha....

day 1
tiba di mks, kami memutuskan untuk tidur di sekret tbm di kampus--yang selalu terbuka 24/7. paginya saya mengungsi ke rumah teman dan tidur lagi sampe siang :) after refreshing ourselves kita kembali ke kampus untuk liat persiapan keberangkatan besok. we stayed there until late at night. after long chit-chat and some shopping for tomorrow, saya kemudian balik ke rumah sepupu dan bermalam di sana.

day 2
got up late! mungkin karena masih kecapean dari hari sebelumnya. sampe di kampus jam 8.09 (i guess) dan kena 3 set gunung dari OM (operational manager) karena terlambat hahaha. 1 set gunung consists of 10 push ups dan 10 squat jumps. setelah menunggu beberapa lama, datanglah truk2 tronton yang dinantikan.
and off we go! the road to malino was under repair, so dust was all over us. but, the thought of hiking to the mountain overwhelmed us, so dust, bad road.....no problem!

jam 12 kami tiba di Dusun Lembanna, just in time for the Friday Pray. after a hurried lunch, saya bersama 30an lainnya berangkat menuju Lembah Ramma. we were the first team to ascend. as the front pack of the whole group, we got the advantage to walk slower so we would be able to enjoy the treacherous road, the fresh air, the clean water and the breathtaking view. we reached bulu tallung approximately 4.30 pm. after about an hour of photo session, we descended to Lembah Ramma with a bunch of excitement.

dalam kegelapan, sebagian dari kami mandi, straight from the small creek! dingin! tapi justru membuat kami merasa lebih hangat dari temen2 yang gak mandi! hehehe....beneran! malam itu kami habiskan dengan bercerita, makan ini, masak itu, bakar ini, goreng itu. hangat dan kenyang hehehe....

day 3
got up in a cold morning. and rushed to the lake to watch the procession--not gonna talk about that here. kemudian kami berdiri melingkari api unggun dan bernyanyi2. sesiangan kemudian saya menclok dari satu tenda ke tenda lain mencari makanan hehehe....teteup. seharian kami habiskan dengan lebih relaxed. joy was everywhere. malamnya kami kembali berkumpul mengelilingi api unggun besar hingga jauh tengah malam. bertukar cerita, berbagi pengalaman, mendengarkan petuah. imagine, more than 150 people gathered around the fire. so it really is a huge pack! what a wonderful moment! saya sendiri tertidur di depan api unggun dengan sleeping bag menutupi tubuh.

day 4
bangun dengan malas2an karena sangat dingin brr...selama hampir satu jam tetap duduk di depan api unggun yang hampir padam ditemani segelas minuman hangat and a bunch of good friends! pagi dihabiskan dengan sarapan bersama, foto2 (lagi) dan menyaksikan outbound2 gila! siangnya kami kembali ke Lembanna. saya kembali berada di kelompok depan. tujuannya: biar tiba lebih cepat, bisa mandi dan makan lebih dulu hehehe....

(photo courtesy: husni mubarak zainal)

tiba di Lembanna kami langsung mampir di satu warung untuk makan, kemudian ke mesjid untuk bersih2 dan sholat. sekitar jam 5 sore 2 truk pertama berangkat menuju mks. sekali lagi, melewati jalan yang penuh debu. tapi kali ini tantangannya bertambah: supirnya gila! akibatnya beberapa dari kami mual dan muntah dalam perjalanan. thank god, kami akhirnya tiba dengan selamat sentausa di kampus sekitar jam 8.30 malam.
kami menunggu 3 truk berikutnya, kemudian berkumpul lagi dalam satu lingkaran besar untuk penerimaan kembali di kampus. that's it, after more than 2 months of preparation the event ended with a huge success.
sebelum pulang ke rumah, kita makan mie titi dulu :)

day 5
bangun jam 1/2 12 siang! hehehe.....
did some house chores terus malamnya ketemu sama konakeurs di black canyon coffee (although neither of us ordered coffee!). ngobrol2 sampe tidak terlalu jauh malam--karena beberapa di antaranya ibu2 jadi gak bisa kayak dulu lagi :)
kembali ke kampus buat meminjam beberapa helm untuk caving besoknya.

day 6
walaupun capek dari naik gunung kemarin belum hilang, tapi harus bangun pagi2. rencananya hari ini mau caving bersama seorang teman dan teman2nya dan teman dari teman2nya. awalnya berencana diving, tapi karena setelah dihitung punya hitung biayanya lumayan gede, jadi batal deh :(
so, rencananya hari ini kami akan caving di gua saluaja. also known as gua air, karena gua ini terbentuk dari air yang mengalir di dalamnya. lapisan tanah di dalamnya terkikis sehingga membentuk gua. no photos were made due to extreme condition of the cave (maksudnya fotografer-nya gak berani bawa kamera karena takut rusak).
anyway, walaupun janjian dari jam 8 tapi kami baru berangkat jam 10 lewat. not sure why, yang pasti saya baru dijemput di kampus--dengan helm serta webbing yang baru diminta dipersiapkan paginya--di atas jam 10.
kami tiba di lokasi tepat sebelum adzan dzuhur. ternyata kami ber-14 termasuk di dalamnya 4 bule (1 cewek, 3 cowok) dan 1 cewek indo yang heavily unprepared (dia cuma pake tanktop, celana superpendek sama sendal jepit). she definitely stood out among us!
anyway, after light meal kita masuk ke gua. the first entrance tertutup sampah, mungkin karena hujan deras sehari sebelumnya. kita masuk melalui pintu kedua yang sebenarnya lebih 'ramah'. btw, lewat pintu pertama kami harus melewati air setinggi dada. it was an amazing cave. tapi kita gak sempet sampe ke air terjun yang terkenal itu. pasalnya, untuk mencapai air terjun kami harus melewati sebuah kolam sebelum memanjat kurang lebih 1 meter. walaupun pendek, tapi karena licin, sulitnya mencari pegangan, air yang deras--as i told earlier kami melewati jalan air! plus volume air yang terus bertambah--mungkin karena hujan di dataran yang lebih tinggi, sebagian dari kami tidak bisa melewati dinding tersebut. and so we went back out.
begitu sampai di luar, ternyata waktu sudah jam 1/2 5 sore. wow, how time flies! setelah bersih2 dan makan, we headed back to makassar.
we arrived @ kampus jam 1/2 7 malam. just in time for the syukuran :)
sekali lagi, kami berkumpul untuk makan2, cerita2 dan saling berbagi terutama dengan beberapa teman yang kemaren gak sempet naik gunung.

day 7
got up in the morning. tapi kemudian tidur lagi karena gak jelas mo ngapain. seharian di kos aja sampe sore. setelah jemputan datang, pamitan sama sepupu, mampir dulu buat beli oleh2 then headed to the airport.
ternyata eh ternyata, the flight was delayed. capedeh. jadi kita makan dulu. mie titi :) mumpung masih di mks.
went back to the airport. saying goodbye's, see you's and so long's. landed di cgk jam 1, and arrived at posko jam 2. c a p e k. but happy :)