another pushy patient

seorang pasien datang ke klinik bersama keluarganya. keliatannya sesak napas. staf yang ada segera mengarahkannya ke ruang tindakan dan memasang oksigen untuk membantu pernapasannya. si keluarga, laki-laki, segera mencari saya yang sedang duduk di ruang periksa dan meminta supaya saudaranya yang sakit itu di'uap'. 'uap' merupakan istilah umum untuk inhalasi, dimana obat yang berbentuk cair diberikan melalui sebuah alat yang disebut nebulizer yang mengubah obat tersebut menjadi uap untuk kemudian dihirup oleh pasien. cara pengobatan ini dilakukan untuk kelainan2 pada daerah paru-paru.

nah setelah dilakukan pemeriksaan, saya menyimpulkan bahwa si pasien sesak karena penyakit maag yang dia derita. rasa perih dan membakar yang terasa di ulu hati terasa menjalar ke dada sehingga menyebabkannya susah bernapas. di kedua paru sendiri saya dapati bunyi napas normal, tidak ada kelainan.

saya sampaikan hasil pemeriksaan saya kepada pasien dan keluarganya dan menambahkan bahwa kelainan ini tidak memerlukan terapi inhalasi tapi cukup diberikan obat oral saja.

mereka sepertinya tidak bisa menerima dan tetap meminta supaya si pasien di-uap. saya mengulangi lagi penjelasannya saya. again, mereka-entah bebal atau apa-sepertinya tetap yakin bahwa si pasien perlu diinhalasi. setelah beradu argumen beberapa saat, dengan suara yang agak dikeraskan, saya bilang,"ya sudah, kalo mau di-uap ya silakan saja. kan sepertinya bapak lebih tahu daripada saya!"

saya kemudian pergi meninggalkan keluarga pasien tersebut dengan ubun2 yang terbakar. 

all i'm saying is let us do our work. if you're not satisfied then you can look for second opinion. but please. don't push us to do (or not do) things that are not related to the patient's illness. you might get us into trouble and the worse thing that could happen is the patient could get sicker because they receive inappropriate treatments, treatments that are not fit with their diseases.

i know that we, doctors, in the end are merely human. we make mistakes. but still know better about our job than you.

so, once again: let us do our job.

Comments

  1. it's around 8 when i came to an er with my spouse. Waiting for room prepared, i walk out the chamber and seightseeing the er. There were two accident victims just came in. Blood's everywhere. Then i suddenly felt something. Unexplainable feeling. Respondly,i turn my head and i saw a young doctor had conversation with nurse,but his eye was on me. What i noticed then, there was a pink stethoscope tied on his neckr room prepared, i walk out the chamber and seightseeing the er. There were two accident victims just came in. Blood's everywhere. Then i suddenly felt something. Unexplainable feeling. Respondly,i turn my head and i saw a young doctor had conversation with nurse,but his eye was on me. then i noticed, there was a pink stethoscope around his neck. Do you have any like that? That was cute like the owner.

    ReplyDelete

Post a Comment

komentar gak jelas

Popular Posts