postingan setelah jaga 11 malam berturut-turut

yup. you did not read it wrong. saya jaga 11 malam berturut-turut selama libur lebaran kemarin. suatu rekor tersendiri kan?! alasannya: seorang dokter non muslim dipecat tepat beberapa hari sebelum lebaran karena suatu kasus sedangkan teman dekat saya yang seorang muslim mudik ke kampung halamannya sehingga hanya tersisa saya seorang yang bertugas jaga malam. dokter non muslim lainnya? ada dua. yang satu perempuan sudah cukup berumur (sekitar 40an) dan satu lagi setahun lebih muda dari saya dan sedang hamil besar. so what's left was me.

and so, beberapa malam pertama lumayan tidak terlalu berat karena menjelang lebaran tiba2 semua orang jadi sehat. pasien yang dirawat juga sedikit karena rata2 minta dipulangkan biar bisa lebaran di rumah bersama keluarga.

tapi kenaikan pasien rawat jalan maupun rawat inap mulai terasa pada malam takbiran. keliatannya pasien2 ini telah mencoba menahan sakitnya di rumah dengan berobat jalan tapi rupanya rasa sakit yang amat sangat mengalahkan keinginan mereka untuk ber-lebaran di rumah. sementara itu sebagian pasien rawat jalan datang dengan keluhan di bagian pencernaan: sindrom makan-enak-lebaran dimana banyak orang mengisi perut mereka sepenuh-penuhnya dengan makanan lezat yang memberikan beban yang terlalu berat untuk pencernaan mereka.

and as the nights continued, saya menjadi lebih dikenal pasien. ya, karena saya lah yang terus-menerus mereka lihat selama 11 malam. malah mungkin mereka bosan melihat saya terus. as for me, it's always exciting to treat people and see how they're improving. but after a week my mood was leading to a down turn. bukannya apa2 tapi rutinitas pergi jaga malam-visite pasien-pulang pagi-tidur sampe sore-jaga malam selama 11 hari berturut2 pretty boring. saya hampir tidak punya kesempatan untuk melakukan hal lain. selain itu sleep deprivation membuat saya mirip zombie.

jadi ketika rangkaian jaga malam terpanjang itu berakhir, i was extremely glad. a part because i can have a good night's sleep, the other part because--although exciting--having other people's lives on your shoulder, was quite stressful, it's over.

Comments

  1. wah untung gak tugas jaga 1001 malam nonstop ya, bisa jadi zombie beneran tuh..hahaha

    ReplyDelete

Post a Comment

komentar gak jelas

Popular Posts