talk about occupational hazard



salah seorang teman sejawat di RS tempat saya bekerja mulai mengkonsumsi Obat Anti Tuberkulosis (OAT) beberapa minggu setelah didiagnosis menderita infeksi paru-paru. sebagai catatan, rumah sakit tempat saya bertugas tersebut memang banyak menangani pasien tuberkulosis.

sebelumnya sejawat tersebut telah mengkonsumsi antibiotik untuk infeksi paru-parunya tersebut namun terapi yang dijalani tidak memberikan efek seperti yang diharapkan sehingga diputuskan untuk memulai pemberian regimen OAT.

talk about occupational hazard!

sebenarnya universal precaution sudah dilakukan untuk mencegah penularan dari pasien-pasien yang dirawat tapi kadang kita lengah dan kurang waspada sehingga kuman penyakit masuk ke dalam tubuh kita. awalnya mungkin karena daya tahan tubuh yang baik, kuman tersebut hanya dorman. tetapi ketika daya tahan tubuh menurun, berkembang biaklah mereka dengan cepat dan menimbulkan gejala yang mengganggu.

infeksi merupakan salah satu dari sekian banyak resiko pekerjaan seorang dokter. namun hal ini--dan resiko-resiko lainnya--tidak menyurutkan semangat saya, dan sejawat yang lain untuk terus mengabdikan diri pada sesama manusia. 

we keep praying that GOD will always protect us, day in and day out, from any harmful things that can hinder us from doing our job.

Comments

Post a Comment

komentar gak jelas

Popular Posts