[Pakistan] MSF Machar Colony Clinic


Project di Karachi merupakan project yang cukup spesial. Hal ini dikarenakan Karachi merupakan kota metropolitan dengan fasilitas kesehatan yang bisa dibilang terbaik seantero Pakistan sehingga sebenarnya penduduknya punya akses yang cukup baik terhadap fasilitas kesehatan. Jadi project di Karachi merupakan project yang berbeda dari project MSF lainnya.

Proyek MSF di Karachi yang dibuka medio Desember 2012 terletak di Machar Colony--kawasan kumuh terbesar di Karachi yang berdiri di lahan rawa milik Karachi Port Trust--sehingga ketika saya datang pada Oktober 2013, klinik belum genap berjalan 1 tahun. Pada saat itu klinik masih bergulat dengan hal-hal kecil mulai dari sistem yang belum berjalan baik, jumlah pasien yang masih sedikit dan berbagai masalah lainnya. Paling tidak 3 dokter yang datang sebelum saya merasa kecewa karena mengira bahwa mereka datang untuk menyelamatkan banyak nyawa: MSF Karachi clinic awalnya merupakan lone-standing ER, karena awalnya diharapkan klinik akan menerima banyak pasien gawat darurat. Kenyataannya tidak, sebagian besar pasien merupakan pasien rawat jalan yang cukup stabil dan tidak membutuhkan life-threatening intervention.

Dengan saya agak berbeda. Saya sudah mendapatkan briefing mengenai keadaan sebenarnya di lapangan. Briefing ini membantu saya mengetahui kondisi di project level sehingga ekspektasi saya pun agak berbeda dibandingkan pendahulu-pendahulu saya: saya tidak ngoyo untuk menyelamatkan banyak nyawa yang datang ke klinik. Saya mencoba untuk melakukan adjustments pada keadaan operasional klinik agar dapat melayani lebih banyak dan lebih baik lagi pasien rawat jalan yang datang ke klinik kami.

And that's what I did for 6 months. I was trying to maintain--and in some way--increase the quality of care given to the patients. I was also adjusting the clinic's setting to be more adapted to the increasing number of OPD patients at that time. Other than that, my main task was to supervise the doctors. One thing that was not my strength.

Of course there were times during my mission that I felt that I wasn't doing anything much. There were times when I felt that what I was doing in Karachi did not really matter. It was only a small small thing but this thought discouraged me for a while. This type of thinking could bring anyone down.

Kemudian saya berpikir, bahwa saya tidak datang ke Karachi untuk menyelamatkan dunia. saya sadar bahwa saya tidak datang untuk mengubah dunia ini. Hal tersebut jauh di luar kemampuan saya. Alasan saya berada di Karachi adalah untuk menjalankan tugas yang sudah diamanatkan kepada saya dengan baik untuk membantu penduduk yang membutuhkan pelayanan medis.

I did not come to Karachi to save the world. I realized that I did not come to Karachi to change the world. It's too big of a deal for me. Out of my league. I came to Karachi to do as much possible as I could to help the people there.

And that is how we should think whenever we feel that what we do does not matter: Change Guilt into Gratitude. All the great things are made up of many small fractions, so however small what we do, it contributes to a huge accomplishment.

 

Comments

Popular Posts