This Week's Gig: MSF Goes to Campus


Pada hari rabu, 12 Oktober 2016 kemarin ada sesuatu yang berbeda di ruangan KC 303 Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan Universitas Indonesia. Pada sore hari itu, MSF beserta CIMSA UI mengadakan MSF Goes to Campus. The first time for me to speak in front of public about my work with MSF. So, this is definitely something that I look forward to.

Acara dibuka dengan film Living in Emergency yang merupakan film semi-reality documentary mengenai project MSF di Liberia dan Congo.

Film ini merupakan kali pertama bagi MSF membuka pintunya bagi jurnalis untuk mengikuti kehidupan staf internasional MSF yang sedang dalam penugasan. It was brutally and visually honest. In a way, film itu menceritakan sisi-sisi kelam dan gelap seorang staf internasional dan segala romantisme yang biasa terlihat di media pada umumnya.

Film yang berdurasi kurang lebih 90 menit ini dipotong secara tiba-tiba sodara2, karena melihat besarnya animo peserta untuk bertanya mengenai MSF.

And so the Q&A session was opened and boy were there so many questions. We could see that the participants were eager to know more about MSF. Hands were raising up in the air once the Q&A session was opened.




Dan karena sebagian besar--jika bukan semua--pesertanya merupakan mahasiswa kedokteran yang selama ini baru mendengar MSF di media, maka bisa ditebak bahwa sebagian besar pertanyaan berkisar antara apa MSF itu sendiri, bagaimana cara bergabung dengan MSF dan bagaimana rasanya bekerja untuk MSF. Walaupun begitu, alokasi waktu dirasa masih belum cukup karena ada begitu banyak hal yang ingin kami sampaikan dan kami bagi dengan para peserta.

Selain itu, keterbatasan waktu juga menghambat saya dan rekan saya untuk lebih mengelaborasi isu humanitarian aid di dunia dan isu terkait lainnya seperti hospital bombings, epidemi, ketersediaan obat, human migrations dll.

Well, this is a very good first start. Hopefully in the future with the increasing awareness about MSF, we will be able to show people what is happening on the other side of the world and ask them to join our effort in dealing with humanitarian issues.
 



Comments

Popular Posts