Last Week's Gig: MSF Meets Bloggers


Pada hari Sabtu, 26 November 2016 kemarin MSF mengadakan Bloggers Gathering. The first of its kind di Jakarta. Kegiatan ini merupakan media baru bagi MSF dalam berhubungan dengan masyarakat luas. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengenalkan kembali MSF kepada masyarakat di Indonesia dan mempromosikan acara "No Borders" Photo Exhibition yang akan diadakan pada 8-18 Desember 2016 mendatang di Grand Indonesia Jakarta.

Pameran foto yang diadakan tahun ini merupakan yang kedua kalinya setelah tahun lalu diadakan untuk pertama kalinya di Indonesia. Tahun ini tema yang diusung adalah "No Borders". Tema ini diangkat untuk menegaskan peran dan keberadaan MSF yang tidak mengenal batas-batas negara, agama, ras, golongan maupun afiliasi politik dalam melaksanakan tugas-tugasnya dan bahwa kemanusiaan tidak mengenal batasan. Selain pameran foto, juga akan diadakan talk show dengan berbagai topik, film screenings, serta menghadirkan pekerja lapangan MSF yang berasal dari Indonesia.

Kembali ke bloggers gathering kemarin. Dari total 15 seats yang tersedia, 10 bloggers yang akhirnya datang memenuhi undangan. Kesemuanya memiliki minat yang berbeda dan blog dengan isi yang beragam namun faktanya mereka datang untuk sesuatu yang jauh dari keseharian ataupun minat mereka menunjukkan bahwa MSF dan dunia kemanusiaan memiliki daya tarik tersendiri.

Acara dibuka dengan penjelasan singkat dari Intan, Comms Department MSF mengenai sejarah singkat MSF di Indonesia serta latar belakang diadakannya gathering tersebut. 

After that, the floor was mine.

Yes. Saya diberi kesempatan untuk berbagi pengalaman saya selama tiga tahun terakhir bekerja di Pakistan, Sudan Selatan dan Yaman sebagai dokter MSF. Highlight-nya adalah pada saat terjadi pengeboman di rumah sakit tempat saya bertugas di Abs, Yemen pada 15 Agustus 2016 yang lalu. Saya menceritakan cukup detail mengenai keadaan pada saat airstrike terjadi. It was a horrible situation. But it is important to share it so people in other parts of the world are aware that such thing happened and then put pressure to conflicting parties to make sure that it won't happen again in the future. 


Photo Courtesy of Fitria Sudirman

Dan cerita tersebut membawa kepada kampanye #NotATarget yang dicanangkan MSF setelah Kunduz Trauma Center, sebuah rumah sakit yang di-supported MSF, di Afganistan dijatuhi bom pada 3 Oktober 2015. 

Kampanye ini mengecam pihak-pihak yang menjadikan rumah sakit, klinik, personil medis serta pasien sebagai sasaran perang baik itu melalui serangan udara maupun serangan darat. Kampanye ini juga dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dunia bahwa hal keji ini terus terjadi kendati International Humanitarian Law menyatakan bahwa "Persons who are hors de combat (outside of combat), and those who are not taking part in hostilities in situation of armed conflict (e.g., neutral nationals), shall be protected in all circumstances." Dengan tingginya kesadaran masyarakat dunia--salah satunya dari netizen--diharapkan dapat memberikan tekanan kepada pihak-pihak yang bertikai untuk menghentikan serangan kepada fasilitas medis serta pasien dan staf medis yang ada di dalamnya. Salah satu buktinya adalah ketika PBB akhirnya mengeluarkan Resolusi Nomor 2286 tahun 2016 yang mengecam serangan terhadap fasilitas dan personil medis dalam situasi konflik. Namun kecaman saja tidak cukup karena setelah resolusi ini dikeluarkan, serangan terhadap fasilitas dan personil medis tetap berlangsung.

Para bloggers tampak antusias dengan penjelasan yang saya berikan, terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang dilemparkan kepada saya dan Intan. Selain itu para bloggers juga kelihatan serius menyimak beberapa video yang ditampilkan di layar yang kemudian membawa mereka ke pertanyaan-pertanyaan lainnya. Bahkan ketika acara telah ditutup dan sambil memesan makan siang, para bloggers ini terus mengorek informasi dari kami.

Sebelum benar-benar bubar tentu saja kami mengambil mandatory group photo sambil mengingatkan mereka untuk datang pada pameran foto nanti.



Comments

  1. Wuah sampai kapan ki di Jakarta kak? Ketemuan dong, biar bisa dengar ceritanya juga....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada pameran foto MSF di Grand Indonesia West Mall lantai 5 sampai tanggal 18 Desember nanti. Saya bakal ada di sana tanggal 16 Desember all day long. Jadi buat yang mau tanya2, jumpa fans, foto bareng, traktir makan, traktir nonton, dll datang aja ya kak! ;)

      Delete

Post a Comment

komentar gak jelas

Popular Posts