Karma's a Bitch

picture was taken from here
 
Ada seorang laki-laki pasien kami, 53 tahun, yang beberapa kali dirawat dengan gagal jantung, gagal ginjal serta kencing manis, kali ini beliau datang dengan keluhan yang kurang lebih sama: kaki yang bengkak dan napas yang tersengal. Sebelumnya si bapak dirawat di RS kami dengan kondisi yang cukup buruk namun setelah perawatan keadaannya membaik. Saat ini secara umum, keadaannya stabil sehingga tidak memerlukan rawat inap. Masalahnya adalah--dan sudah menjadi masalah sebelumnya--keluarga membawanya ke RS untuk 'membuangnya'. Mereka tidak menginginkannya lagi.

Jadi, si bapak menikah dua kali dan kini kedua keluarganya itu tidak menginginkannya dalam kehidupan mereka.

That is an awful awful thing.

Tidak diinginkan oleh keluarga merupakan hal yang sangat menyakitkan.

Kali ini si bapak dibawa oleh salah seorang anaknya. Setelah saya melakukan pemeriksaan, saya simpulkan bahwa kondisi si bapak cukup stabil dan menuliskan resep untuk ditebus. Hal ini saya jelaskan kepada pasien dan anaknya.

Tanpa kami ketahui, si anak pergi meninggalkan bapaknya di rumah sakit.

Saya tidak tahu apa yang telah dilakukan laki-laki ini terhadap keluarganya di masa lalu. Saya juga tidak tahu apa dosa dan kesalahannya terhadap keluarganya--dugaan saya kesalahan itu teramat besar--hingga dua keluarga yang dia miliki justru menolak untuk menerima dan merawatnya. Tapi satu hal yang harus digarisbawahi adalah bahwa seorang ayah akan tetap menjadi ayah bagi anaknya sehingga apapun yang terjadi sang anak harus memperlakukan sang ayah dengan hormat dan kasih sayang.

Pada akhirnya, si bapak kami antar dengan ojek ke rumah salah satu istrinya karena kami tau jika pasien diantarkan dengan ambulans, keluarga pasti akan menolaknya.

Comments

Popular Posts