Menjadi Staf Lapangan MSF: Sebuah Panduan


MSF yang merupakan singkatan dari Medecins Sans Frontieres yang dalam bahasa Inggris disebut Doctors Without Borders yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi Dokter Lintas Batas adalah sebuah organisasi kemanusiaan internasional yang bergerak dalam bidang medis. Sejak didirikan di Paris Prancis pada 1971 oleh sekelompok dokter dan jurnalis, MSF telah bekerja di lebih dari 60 negara di dunia termasuk Indonesia. Atas kerjanya tersebut MSF dianugerahi Nobel Perdamaian pada tahun 1999.

MSF pertama kali masuk ke Indonesia pada 1995 ketika terjadi bencana di Gunung Kerinci, Sumatera dan terus berpartisipasi dalam penanganan berbagai bencana hingga keluar dari Indonesia pada tahun 2009.

Telah banyak warga Indonesia yang bekerja di MSF baik sebagai staf lokal maupun sebagai staf internasional. Orang Indonesia yang ingin menjadi staf internasional harus melamar kepada kantor MSF di Hong Kong. Selain Indonesia, kantor Hong Kong juga merekrut staf internasional yang berasal dari negara ASEAN lain, Hong Kong, Cina serta Taiwan untuk dikirim ke berbagai misi MSF di seluruh dunia.

Aplikasi melalui kantor MSF Hong Kong dilakukan secara online. Form tersedia secara online dimana pelamar diharuskan memasukkan berbagai dokumen.

Pertama. Masuk ke halaman website MSF Hong Kong di www.msf.hk yang tampilannya kurang lebih seperti ini.


Jika tidak mengerti bahasa Mandarin/Cina maka ganti ke dalam bahasa Inggris dengan klik kotak di pojok kanan atas.


Nah setelah bahasa berubah menjadi bahasa Inggris maka akan lebih mudah untuk mengerti apa yang ada di laman tersebut.

Kedua. Jika ingin menjadi pekerja lapangan MSF maka klik drop down JOIN US yang akan mengeluarkan pilihan seperti di gambar berikut ini.

Pilih field workers yang akan membawa ke halaman dengan judul Work in the field.

Halaman ini perlu dibaca dengan baik karena terdapat keterangan mengenai negara mana saja yang direkrut kantor Hong Kong, update mengenai staf apa yang dibutuhkan di lapangan dan posisi mana yang rekrutmennya ditangguhkan karena jumlah staf masih memadai. Meskipun MSF bergerak di bidang pelayanan medis tetapi MSF tidak hanya merekrut berbagai posisi medis tetapi juga non medis seperti ahli sanitasi, staf bagian keuangan dan juga staf SDM.

Selanjutnya menurut laman tersebut tahapan proses rekrutmen meliputi:

1. Requirements. apakah peminat sudah memiliki persyaratan yang dibutuhkan. Klik untuk mengetahui apakah persyaratan sudah terpenuhi.

2. Life on mission. Karena penugasan MSF jauh berbeda dengan keadaan di negara asal, maka peminat harus membaca laman ini untuk tahu keadaan sebenarnya di lapangan.

3. MSF package. Staf lapangan MSF bukan merupakan relawan, karena itu akan mendapatkan gaji, tunjangan, asuransi dll. Untuk tahu selengkapnya klik klimat tersebut.

4. FAQ. Bagi yang belum mengerti benar apa dan bagaimana MSF maka harus membuka laman ini untuk melihat hal yang sering ditanyakan peminat/pelamar.

5. Self Reflection. Setelah no 1-4 di atas dimengerti/dipenuhi, peminat diminta untuk melakukan self reflection apakah menjadi pekerja lapangan MSF memang sesuai dengan minat dan kemampuan atau tidak. Jika hasil self reflection ini menyatakan bahwa peminat sesuai (memiliki kemampuan dan minat yang dibutuhkan MSF serta siap diturunkan di lapangan) maka dapat menekan kotak APPLY NOW di bagian bawah halaman tersebut. 




 
Karena self reflection ini bersifat mandiri maka peminat harus jujur akan kemampuan dan keadaannya sendiri. Nah beginilah penampakan halaman pertama dari 4 halaman aplikasi online MSF Hong Kong.


Jangan lupa untuk sebelumnya menyiapkan soft copy ijazah, CV, paspor dll untuk diunggah ke halaman aplikasi.

6. Selanjutnya aplikasi akan dipilah oleh staf HRD apakah sesuai kebutuhan di lapangan atau tidak. Waktu tunggu beragam tetapi biasanya akan dihubungi dalam waktu 3 minggu jika lolos tahapan ini.

7. Setelah itu, kandidat akan dihubungi lewat email untuk menjadwalkan waktu wawancara melalui telepon.

8. Jika tahapan ini berhasil dilewati maka kandidat akan diundang untuk recruitment and assessment session dimana akan diwawancara secara langsung lebih mendalam lagi.

9. Jika telah melewati tahapan tadi, maka akan bergabung dengan pool pekerja lapangan lain untuk siap diturunkan ketika dibutuhkan. Agar diketahui bahwa ketika lulus assessment session, tidak selalu langsung diturunkan ke lapangan, namun akan disesuaikan antara kebutuhan di lapangan dengan staf yang tersedia di pool. Jika cocok, maka akan diturunkan. Jika tidak, maka harus menunggu hingga ada posisi di lapangan yang cocok dengan kualifikasi/profile staf yang ada di pool.

Meskipun baru bergabung selama dengan MSF selama tiga tahun terakhir tetapi pengalaman menjadi staf lapangan MSF telah memperkaya diri saya secara pribadi dan secara profesional. Selain itu menjadi staf lapangan MSF merupakan suatu privilege karena tidak semua orang memiliki kesempatan dan sanggup menjalankannya.

Comments

  1. ka..aku mw nanya, scan ijazah itu dlm bahasa indonesia atau ijazah yg ditranslate ke english? thx sblmnyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dua-duanya. Yang satu ijazah asli. Yang satu lagi ijazah yg sudah diterjemahkan ke bahasa Inggris. Pastikan nama file-nya jelas, jadi keliatan mana ijazah asli, mana yang terjemahan.

      Delete

Post a Comment

komentar gak jelas

Popular Posts