Rumah



Apa sih sebenarnya rumah itu? Sekedar tempat tinggal? Tempat berteduh dari hujan dan panasnya matahari? Tempat dimana seseorang bisa bebas menjadi dirinya sendiri? Tempat berkumpul bersama orang-orang yang disayangi?

Rumah bisa memiliki fungsi dan arti yang berbeda tergantung kepada yang menempatinya.

Saat ini, sekali lagi saya kembali mencari rumah untuk kami tinggali.

Setahun hampir berlalu sejak kami menempati rumah kontrakan yang sekarang ini. Kembali menyewa selama satu tahun ke depan bukan pilihan yang bijak mengingat harga terus meningkat, jangankan tahun depan, hari senin harga naik! Satu lagi: kami rindu punya rumah sendiri.

Namun apa sebenarnya yang dicari dari sebuah rumah? Ukuran? Lokasi? Harga? Fasilitas kesehatan/sosial/umum? Apa yang menjadikan sebuah rumah "rumah"? What makes a house a home?

The answer lies on what you're looking for from a house. Jika seseorang menginginkan rumah sebagai sebuah kediaman maka rumah itu akan melindunginya dari panas dan hujan. Jika seseorang menginginkan rumah sebagai sebuah tempat dimana dia bisa berkumpul bersama keluarganya, maka rumah itu akan menjadi tempat favoritnya.


Dan walaupun saya tahu--kami tahu--rumah seperti apa yang kami inginkan, bukan perkara mudah untuk bisa mendapatkan apa yang kami cari. Seperti membeli barang lain, seseorang perlu pandai-pandai memilih dan membandingkan rumah mana yang paling sesuai dengan kebutuhan, keinginan dan tentu saja kemampuan.

So there are quite a lot of things to take into considerations in buying or renting a new house.

And here I am, almost midnight, browsing the internet looking for our dream house.

Comments

Popular Posts